Tahapan-Tahapan Tes Pramugari Terbaru

Hola temen-temen. Kali ini admin mau share tahapan-tahapan tes untuk menjadi pramugari yang terbaru. Tahapan-tahapan ini universal yaaa, artinya hampir semua maskapai menerapkan model tahapan tes seperti ini. Yuk kita simak yuuuukk…

1. Performance Test

Salah satu konsekuensi jika memutuskan untuk menjadi seorang pramugari adalah dengan selalu berpenampilan menarik ketika berseragam. Sehingga tes penampilan ini menjadi tahap tes  pertama yang harus dijalani oleh para calon pramugari. Ketika mengikuti  tahap pertama ini, para calon pramugari akan diukur tinggi maupun berat badannya. Selain itu, penguji juga akan memperhatikan tentang bagaimana cara pendaftar tersebut berjalan, berbicara maupun pada saat memasuki ruangan tes. Calon Pramugari tersebut juga akan di cek kondisi kulitnya baik pada tangan, kaki, jari maupun wajah. Karena pada tahap ini memang difokuskan pada pengecekan penampilan para calon pramugari.

2. Psikotest dan Bahasa Inggris

Setelah calon pramugari dinyatakan lolos pada tahap 1, kemudian calon pramugari tersebut akan melanjutkan tahap ke 2 yaitu Psikotest dan Bahasa Inggris. Tahap tes kedua ini biasanya dilakukan secara tertulis. Sedangkan untuk jadwal terselenggaranya tes pada tahap 2 ini akan ditentukan oleh panitia perekrutan pramugari. Biasanya ada yang langsung berkelanjutan pada hari dimana performance test dilaksanakan , namun terkadang ada pula yang harus menunggu pemberitahuan selama beberapa hari.

3. Interview User

Tahap wawancara ini merupakan salah satu tahap tes yang menanyakan tentang pengetahuan seputar maskapai penerbangan, tentang dunia penerbangan maupun tentang kepramugarian. Sehingga pada tahap ini, calon pramugari harus benar–benar mengetahui tentang hal tersebut agar tes berjalan dengan lancar dan calon pramugari tersebut dapat lolos pada tahap interview user.

4. Interview Kompetensi

Berbeda dengan tahap interview sebelumnya, pada Interview Kompetensi ini cenderung akan diberikan pertanyaan mengenai kepribadian para calon pramugari masing–masing.

5. Tes Kesehatan / Medical Examination / MedEx

Tahap selanjutnya adalah tes kesehatan. Pada tes kali ini, biasanya calon pramugari akan diminta untuk melakukan tes kesehatan di rumah sakit ataupun laboratorium yang telah ditunjuk oleh maskapai penerbanganyang tengah mengadakan perektrutan tersebut. Semua kondisi kesehatan calon pramugari akan dicek pada tahap ini. Seperti pada paru–paru, pernafasan, jantung, mata, darah, dan lain sebagainya.

6. ASKAM

Kemudian pada tahap selanjutnya adalah tes  ASKAM yang merupakan background check kepada para calon pramugari. Seluruh calon pramugari yang mengikuti tahap ini akan ditanya mengenai latar belakang, asal usul bahkan hingga silsilah keluarganya. Selain itu akan diberikan pertanyaan pula mengenai materi pada mata pelajaran PKN yaitu seputar NKRI, Pancasila, maupun UUD 1945. Sehingga calon pramugari harus benar–benar mempersiapkan diri dengan baik.

7. Pantukhir

Tes ini merupakan tes terakhir pada tes perekrutan pramugari di maskapai penerbangan. Pada Tahap ini, calon pramugari yang telah lolos akan berhadapan langsung dengan direksi dari maskapai penerbangan. Agar hasilnya maksimal, pastikan persiapan Anda telah matang dan jangan gugup menghadapi penguji. Mengikuti tes perekrutan pramugari di maskapai penerbangan memang menjadi tantangan tersendiri karena persaingan yang akan dihadapi juga akan sangat ketat. Namun apabila disertai dengan persiapan yang matang, dan usaha yang sungguh–sungguh tentu tidak akan ada sesuatu yang mustahil untuk terwujud.

 


Tertarik ingin jadi pramugari sukses dan bergaji besar???

Eits jangan gegabah, pilih sekolah pramugari terbaik, Jogja Flight Indonesia

Jogja Flight Indonesia siap mengantarkan anda menjadi seorang pramugari profesional dan sukses

 

Segera daftarkan diri anda melalui online dengan menghubungi panitia PPMB JFEC

di WA 081227900021

atau langsung klik pendaftaran online

di website

[Jogja Flight] [Sumatera Flight] [Sulawesi Flight