AVSEC? Apa itu?

Avsec atau Aviation security bukanlah sekuriti biasa pada umumnya seperti satpam, securiti Mall ataupun securiti bank, maka pendidikan atau pelatihannya pun sangat berbeda.

Untuk menjadi Seorang AVSEC harus punya SERTIFIKAT/LISENSI/STKP (Surat Tanda Kecakapan Khusus) terlebih dahulu karena masalah yang dihadapi bukan hanya bersifat teknikal tapi juga masalah-masalah tentang pelayanan yang baik bagi pengguna jasa, maka dari itu petugas avsec dibekali juga pendidikan yang bersifat melayani dengan baik. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut perlu mengikuti diklat khusus mengenai kebandarudaraan agar dapat ditugasi di area khusus.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang avsec berpedoman kepada regulasi ICAO (International Civil Aviation Organitation), merupakan sebuah organisasi penerbangan sipil internasional dibawah PBB.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 54 tahun 2004 tanggal 21 Mei 2004, Aviation security adalah: Adalah gabungan sumber daya manusia, fasilitas dan materil serta prosedur untuk melindungi penerbangan sipil dari tindakan gangguan melawan hukum.

Perbedaan utama antara avsec dan satpam bandara adalah satpam bertugas pada pengamanan fisik aset perusahaan di bandara dan tidak pada perlindungan yang berhubungan dengan penerbangan sipil.

TUJUAN PENGAMANAN PENERBANGAN SIPIL
• Menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan, keteraturan & efesiensi penerbangan sipil dari tindakan melawan hukum.
• Memberikan perlindungan terhadap awak pesawat udara, pesawat udara, penumpang, para petugas di darat, masyarakat & instalasi di bandar udara dari tindakan melawan hukum.
• Memberikan pelindungan kepada perusahaan angkutan udara dari tindakan melawan hukum.
• Memenuhi standar dan rekomendasi internasional.

TUJUAN UTAMA AVIATION SECURITY
• adalah keselamatan penumpang, awak pesawat , petugas dan masyarakat umum terhadap tindakan melawan hukum dengan mencegah terangkutnya barang-barang yang dapat membahayakan penerbangan.
• Penerapan pemeriksaan terhadap:
a. pemeriksaan penumpang
b. pemeriksaan awak pesawat
c. pemeriksaan bagasi

• Penerapan pengawasan terhadap :
a. pengawasan kargo, pos dll
b. pengawasan acces control ke sisi udara

RUANG LINGKUP PENGAMANAN AVIATION SECURITY :
• Daerah Tertutup.
• Daerah Terbatas.
• Daerah Publik ( Public Area = PA )

Tugas AVSEC sangat berat karena menjadi garda terdepan dalam hal pengamanan penerbangan dan menjamin keselamatan para calon penumpang di darat ataupun para penumpang di udara nantinya.
Banyak aspek yang harus diperhatikan yang mengacu kepada regulasi internasional yang ketat. Personil AVSEC harus memahami berbagai macam karakter dan sifat2 para pengguna jasa baik dalam masalah penanganan masalah pengamanan ataupun pelayanan. Belum lagi jika ada benda2 atau barang2 yang bisa membahayakan keselamatan, kenyamanan, atau mengancam para calon penumpang yang ada di sekitar bandara ataupun para penumpang yang sudah naik pesawat
AVSEC harus bisa menanganinya dengan profesional dan tepat yang kembali mengacu kepada regulasi yang ketat.

pustaka: dari berbagai sumber


Untuk bekerja menjadi AVSEC dibutuhkan lisensi AVSEC yang diterbitkan oleh Direktorat Keamanan Udara.

Anda berminat bekerja menjadi AVSEC? Yuk join Jogja Flight Training Center

Jogja Flight Training Center memiliki ijin resmi dari Direktorat Keamanan Udara untuk menyelenggarakan Diklat AVSEC

Jadi AVSEC? Diklat dulu di Jogja Flight Training Center

For further info call 0822-4272-2225 (Call/SMS/WA) or click here